Tips Menyelesaikan Skripsi






Tips Menyelesaikan Skripsi. Bagi kalian mahasiswa tingkat atas pasti kenal dengan yang namanya skripsi baik skripsi pai, skripsi mpi, dan lain sebagainya. Umumnya, mahasiswa beranggapan bahwa skripsi ini merupakan momok yang menghadang kelulusan bagi mahasiswa. Jawaban sederhananya ialah bisa jadi ya, namun lebih tepat tidak. Dikatakan demikian, karena pada tingkatan tertentu diperlukan keseriusan dalam penyelesaiannya. Tentu, keseriusan yang demikian itu akan berbuah manis dalam masa akhirnya.

Skripsi merupakan suatu karya ilmiah yang merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi yang wajib bagi setiap mahasiswa tingkat atas untuk membuatnya. Tanpa membuat skripsi, mahasiswa tentu tidak akan bisa menyelesaikan studinya.

Anggapan yang beredar bahwa skripsi itu sebagai penentu kelulusan mahasiswa dari kampusnya. Bila skripsinya tidak selesai, maka tak selesai jugalah studinya. Anggapan ini merupakan anggapan yang keliru. Sederhananya, bukanlah skripsi itu yang menjadi objek penentu kelulusan mahasiswa dari salah satu kampus, melainkan dikarenakan skripsi itu terletak pada bagian akhir dari mata kuliah yang disajikan. Biasanya, skripsi itu berisi sebanyak 6 SKS.

Perlu untuk digaris bawahi, bahwa bukanlah skripsi sebagai penentu kelulusan mahasiswa dari kampusnya, namun kelulusan skripsi merupakan salah satu hal yang wajib bagi setiap manusia karena skripsi juga merupakan mata kuliah. Hanya saja, berada di penghujung berjalannya kegiatan kuliah. Namun, bila tidak terselesaikan, ya tetap saja tidak bisa lulus. 

Berikut Tips Menyelesaikan Skripsi yang dirangkum sederhana untuk para mahasiswa agar segera menyelesaikan skripsinya:
Hilangkan anggapan bahwa skripsi itu merupakan momok yang menakutkan karena menghadirkan beberapa orang dosen untuk diuji kelayakan skripsinya.

Timbulkan semangat dalam menyelesaikan skripsi. Kalian bisa menggunakan cara umum yang dilakukan mahasiswa dan mungkin sudah sering di dengar oleh mahasiswa, yakni “ingat orangtua di kampung yang susah payah mencarikan uang hanya untuk membiayai kuliahmu, kalau tahun ini juga tidak tamat, mau berapa lagi uang yang diperlukan untuk biaya kuliahmu?” Kalimat ini sangat tajam, dan terkadang membuat Shock bagi para mahasiswa semester atas. Setelah rasa semangat itu muncul, maka lanjutkan ke tips yang ke tiga.
Mulai dengan mengatur waktu dalam kegiatan seha
ri-hari. Misalnya, mengatur jam tidur pada malam hari, jam bangun, jam makan, jam mengerjakan skripsi. Dengan ini, kalian akan sedikit terbantu dan terkontrol. Dengan sendirinya, kalian akan terarah dalam mengerjakannya tanpa mengikuti rasa malas yang ada. Biasanya, rasa semangat akan muncul ketika kalian tidur di waktu yang tepat dan bangun di waktu yang tepat. Setelah waktu tidur dirasa cukup, semangat akan muncul. Bagaimana mungkin menyelesaikan skripsi tanpa adanya semangat dalam diri.
cara Tips Menyelesaikan Skripsi pai mpi pdf
Tips Menyelesaikan Skripsi
Bagi waktu dengan program ibadah. Buatlah sesederhana mungkin waktu khusus untuk kegiatan ibadah. Bisa digabungkan dalam waktu yang dimaksudkan pada poin tiga di atas. Setiap pelaksanaan ibadah, akan membawa ketenangan pada pelaksananya. Memohonlah kepada Allah Swt dengan penuh keyakinan dan kesabaran, insyaallah rasa tenang dalam diri itu akan hadir. Berdoa dengan tiada putus-putusnya dan ingat bahwa semua yang dilakukan juga terdapat campur tangan Allah Swt.

Menguasai jenis penelitian yang akan dijalankan. Jika kalian telah memilih jenis penelitian yang akan kalian laksanakan nantinya, maka kalian akan sedikit merasa nyaman dengan skripsi kalian. Kebanyakan orang, merasa tidak nyaman saat ia tidak paham tentang suatu hal yang dikerjakannya. Atas dasar ini, maka akan timbul rasa bosan dan malas yang berujung pada pengabaian. Kalau skripsinya diabaikan, bagaimana mungkin laptop yang kalian punya bisa menyelesaikannya sendiri.

Demikian 5 Tips menyelesaikan skripsi. Kalian dapat memodifikasinya sesuai dengan keinginan kalian sendiri. Setiap orang memiliki rasa bosan dan setiap orang juga memiliki cara yang berbeda dalam mengatasinya. Oleh sebab itu, carilah jati diri sendiri agar dapat mengalahkan keegoisan dalam diri. Semoga bermanfaat.