Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Pendidikan Menurut David Popenoe, Horton Dan Hunt

Fungsi Pendidikan Menurut David Popenoe, Horton Dan Hunt - Pendidikan erat kaitannya dengan pengetahuan yang merupakan jalur alternatif dan dibutuhkan banyak orang. Secara umum, pendidikan berarti suatu proses pembelajaran pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang dilihat dari kebiasaan seseorang dan menjadi bahan warisan dari orang sebelumnya. Dilihat dari pengertiannya, pendidikan memiliki peranan yang besar dalam menunjang pengetahuan, penelitian, dan pelatihan. 




Menurut pengertian lainnya, secara etimologi pendidikan adalah proses kemampuan dan keahlian diri seseorang yang terus berkembang secara individual. Dari pengertiannya ini, pendidikan akan terus ada dan tidak akan pernah hilang serta tak lekang oleh waktu.

Arti pendidikan tidak selalu berkaitan dengan proses dan transfer pengetahuan saja, melainkan bisa berperan sebagai perubahan etika, norma, atau akhlak dari masing-masing peserta didik. 

Fungsi Pendidikan Menurut Beberapa Ahli

Fungsi pendidikan tentu sangat berkaitan dengan pengertiannya. Secara umum, pendidikan berfungsi untuk membentuk diri seseorang baik dari segi keahlian, etika, kemampuan, dan akhlak sehingga menjadi lebih baik lagi. Selanjutnya pendidikan memiliki peranan penting sebagai sarana pembekalan diri dalam menghadapi dunia dan kehidupan bermasyarakat. Fungsi pendidikan menurut beberapa ahli :

1. David Popenoe

David Popenoe berpendapat bahwa fungsi pendidikan adalah bentuk dari pemindahan kebudayaan dari generasi yang sebelumnya ke generasi sekarang, lebih aktif dan ikut serta dalam memilah manusia yang berperan sebagai pemeran sosial selanjutnya turut aktif berkontribusi terhadap pembangunan taraf berpikir, dan menimbulkan nilai sosial yang tinggi untuk menguasai ilmu pengetahuan. 

2. Horton dan Hunt

Fungsi pendidikan menurut Horton dan Hunt diantaranya :
  • Mempersiapkan manusia sehingga bisa lebih mandiri tanpa harus bergantung pada orang lain dan mencari nafkah untuk dirinya sendiri.
  • Membantu mengembangkan pola pikir dan potensi diri untuk pengembangan minat dan bakat peserta didik sesuai kebutuhan masyarakat.
  • Membantu menghidupkan dan melestarikan kebudayaan masyarakat, serta menanamkan keterampilan dan keahlian dalam demokrasi. 


Masing-masing ahli tentu saja memiliki pandangan dan persepsi yang berbeda mengenai fungsi pendidikan. Pada dasarnya meskipun hal ini berbeda dalam hal persepsi namun tentu saja dalam hal ini fungsi dan tujuannya sama saja. 

Pendidikan menjadi salah satu hal yang begitu penting bagi setiap orang. Pendidikan tentu saja berbeda beda mulai dari pendidikan karakter, formal, informal, dan non formal. Tahapan tahapan pendidikan secara umum memang perlu diberikan pada anak sejak dini. Dengan begitu akan membentuk pondasi diri dan karakter seorang anak hingga ke mesa dewasa. Setelah mengetahui fungsi pendidikan maka kini tidak perlu bingung lagi mengenai hal tersebut!

Lorong Teori
Lorong Teori Lorong Teori hadir dalam rangka memberikan tulisan ber-referensi sebagai bahan bacaan dalam upaya menetralkan internet yang begitu luas. Beri kami kritikan dan saran anda.
Kontak Kami:
Facebook Instagram

Post a Comment for "Fungsi Pendidikan Menurut David Popenoe, Horton Dan Hunt "