Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian, Fungsi, Nilai Dan Tujuan Pendidikan Karakter

Pengertian, Fungsi, Nilai Dan Tujuan Pendidikan Karakter - Dalam dunia pendidikan nasional di negara Indonesia, pendidikan karakter menjadi salah satu wacana utamanya. Bahkan hampir semua kegiatan dalam proses pembelajaran di Indonesia harus merujuk pada pelaksanaan pendidikan karakter. Apa itu pendidikan karakter?



Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik. Dengan pendidikan karakter diharapkan mampu membangun karakter pribadi yang lebih baik lagi kedepannya untuk warga negara Indonesia. 

Selain itu, pendidikan karakter bisa menciptakan suatu bangsa yang berwawasan, bermoral, tangguh, dan memiliki akhlak baik. Pendidikan ini tidak hanya diperoleh dari bangku sekolah saja, melainkan dari berbagai media mencakup lingkungan, media teknologi, keluarga, dunia usaha, dan pemerintahan. 

Untuk merealisasikan pendidikan karakter pada umumnya bisa diperoleh dari pendidikan formal, informal, dan non formal. Dalam pelaksanaannya, pendidikan karakter bisa dilakukan melalui jenjang pendidikan yang diimplementasikan pada sebuah kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP. 

Fungsi Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter memiliki fungsi yang penting dalam membentuk karakter seseorang diantaranya:
  • Mengembangkan potensi dasar seseorang agar berhati baik berperilaku dan berpikiran baik.
  • Memperkuat dan membangun perilaku calon anak bangsa yang multikultur.
  • Meningkatkan peradaban manusia agar menjadi bangsa yang baik dalam pergaulan dunia.

Pendidikan karakter memiliki beberapa nilai serta indikator keberhasilan di sekolah dan kelas yang terdiri dari:
  • Sikap religius yang menunjukkan perilaku patuh dalam menjalankan ajaran agama yang dianut
  • Memiliki perilaku didasarkan pada upaya sebagai orang yang jujur dan bisa dipercaya
  • Tindakan disiplin yang menunjukkan perilaku tertib serta patuh terhadap semua peraturan 
  • Mampu berpikir dan melakukan sesuatu yang baru dan kreatif
  • Sikap mandiri yang tidak mudah tergantung dengan orang lain
  • Menciptakan cara berpikir yang demokratis
  • Semangat kebangsaan atau jiwa patriotisme

Tujuan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter memiliki tujuan penting yaitu :
  • Membentuk bangsa yang tangguh, bermoral, berakhlak mulia, bertoleransi, bekerja dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Membentuk suatu bangsa agar mempunyai jiwa yang patriotik dan suka menolong antar sesama.
  • Membentuk jiwa seseorang agar mampu berkembang secara dinamis, berorientasi terhadap IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) sehingga menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Pendidikan karakter memang bisa diberikan sejak dini sebagai salah satu pondasi dan bentuk pendidikan dasar untuk semua orang. Tentu pendidikan karakter akan menjadi sebuah pembentuk jiwa dan pemebentuk karakter diri seseorang. Maka dari itu jangan sepelekan pentingnya pendidikan karakter untuk diberikan sebagai salah satu bagian pendidikan yang juga memiliki fungsi penting. Ragam pendidikan karakter dan pengembangan diri menjadi bentuk pendidikan yang kadang sulit dijelaskan namun harus dipraktekan.

Lorong Teori
Lorong Teori Lorong Teori hadir dalam rangka memberikan tulisan ber-referensi sebagai bahan bacaan dalam upaya menetralkan internet yang begitu luas. Beri kami kritikan dan saran anda.
Kontak Kami:
Facebook Instagram

Post a Comment for "Pengertian, Fungsi, Nilai Dan Tujuan Pendidikan Karakter "