Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli

Pengertian Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli






Keputusan merupakan hasil pemecahan dalam suatu maslah yang harus dihadapi dengan tegas. Dalam kamus besar ilmu pengetahuan pengambilan keputusan didefinisiskan sebagai pemilihan keputusan atau kebijakan yang didasarkan atas kriteria tertentu. Proses ini meliputi dua alternative atau lebih karena seandainya hanya terdapat satu alternativ tidak aka nada satu keputusan yang akan diambil

(Dangun, 2006: 185).
Syamsi mengatakan sebagai berikut:
G.R Terry mengemukakan bahwa pengambilan keputusan adalah sebagai pemilihan yang didasarkan criteria tertentu atas dua atau lebih alternatif yang mungkin (Syamsi, 2000: 5).
 Desmita mengatakan:
Selain itu, Pengambilan keputusan merupakan salah satu bentuk perbuatan berfikir dan hasil dari suatu perbuatan itu disebut keputusan (Desmita, 2008: 198).
Sementara menurut Hasan, sebagai berikut:
Fungsi pengambilan keputusan individual atau kelompok baik secara institusional ataupun organisasional, sifatnya futuristic (Hasan, 2004: 10).
Kalau yang ini, menurut mimin ya...


Tujuan pengambilan keputusan, tujuan yang bersifat tunggal (hanya satu masalah dan tidak berkaitan dengan masalah lain), tujuan yang bersifat ganda (masalah saling berkaitan dapat bersifat kontradiktif ataupun tidak kontradiktif). Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam organisasi ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasinya yang dimana diinginkan semua kegiatan itu dapat berjalan lancar dan tujuan dapat tercapai dengan mudah dan efisien. Namun, kerap kali terjadi hambatan-hambatan dalam melaksanakan kegiatan. Ini merupakan masalah yang harus dipecahkan oleh pimpinan organisasi. Pengambilan keputusan dimaksudkan untuk memecahkan masalah tersebut.

________________
DAFTAR PUSTAKA
Dangun, M. Safe. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan (Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN), 2006.
Syamsi, Ibnu. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).
Desmita. Psikologi Perkembangan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008).
Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Pengambilan Keputusan (Bogor: Gahalia Indonesia, 2004).





R2 Creative
R2 Creative Situ membahas tentang pendidikan. Facebook

Post a Comment for "Pengertian Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli"